Urgensi Pendidikan

الأحد، 3 مارس 20130 komentar



   Urgensi Pendidikan

Pengertian Urgensi jika dilihat dari bahasa latin bernama “urgere” yaitu kata kerja yang berarti mendorong dan jika dilihat dari bahasa inggris bernama “urgent” yang memiliki arti kata sifat. Menurut kamus bahasa Indonesia, Urgensi adalah hal yang sangat penting atau keharusan yang sangat mendesak untuk diselesaikan, dengan demikian mengandaikan ada suatu masalah dan harus segera ditindak lanjuti. (blog.bestlagu.com)
Adapun pendidikan adalah berusaha membangun seseorang untuk lebih dewasa atau suatu proses transformasi anak didik agar mencapai hal hal tertentu sebagai akibat proses pendidikan yang diikutinya. Menurut Jean Praget pendidikan berarti menghasilkan atau menciptakan walaupun tidak banyak. Pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu sebagai pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. (Syaiful Sagala, 2006:1)
Pendidikan menurut Soelaieman adalah suatu perbuatan atau tindakan yang dilakukan dengan maksud agar anak atau orang yang dihadapi itu akan menigkatkan pengetahuannya, kemampuannya, akhlaknya, bahkan seluruh pribadinya.
Dari definisi tersebut, dapat di simak beberapa hal yang dalam setiap pendidikan niscaya akan mengundang perhatian dan pertanyaan kita sebagai pendidik, secara sungguh dan kadang bahkan mendalam.
Pertama, bahwa pendidikan itu pada dasarnya merupakan suatu perbuatan atau tindakan, mengundang pertanyaan: apa yang dimaksud dengan perbuatan atau tindakan itu, apakah tindakan itu bersifat sepihak atau timbal-balik, apakah tindakan itu bersifat menentukan sepenuhnya atau masih ada hal-hal lain yang turut mempengaruhi berhasil-tidaknya tindakan pendidikan itu, dan selanjutnya untuk maksud atau tujuan apa tindakan itu dilaksanakan.
Kedua, bahwa tindakan pendidikan itu diarahkan kepada suatu maksud atau tujuan tertentu, muncul persoalan: Apa yang dimaksud atau dituju oleh tindakan tersebut?.
Ketiga, untuk mencapai tujuan pendidikan itu, apa sajakah bahan pendidiakn, apakah pengetahuan dan kemahiran, apakah sifat, sikap dan karasteristik, gambaran pribadi yang bagaimanakah yang diharapkan dimiliki si terdidik kelak?
Keempat, bahwa tindakan itu dilakukan oleh seseorang terhadap seseorang menyiratkan suatu pertanyaan mengenai siapa orangnya yang mendidik dan yang di didik itu dan lebih lanjut lagi apa sebenarnya dan bagaimana karakteristik dan sifat orang yang dimaksud, pertanyaan ini cukup mendasar dan lebih merupakan persoalan antropologis.
Kelima, di mana dan dalam keadaan atau situasi bagaimana tindakan pendidikan itu diambil? Ini pun merupakan suatu persoalan yang perlu mendapat perhatian kita, karena kita mengetahui, bahwa keadaan atau situasi akan banyak pengaruhnya terhadap kelangsungan dan efek tindakan yang bersangkutan. (M.I Soelaeman, 2001:163-165)
Dari pengertian di atas, penulis menyimpulkan bahwa urgensi pendidikan merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan dalam perbuatan atau tindakan yang dilakukan dengan maksud agar anak atau orang yang dihadapi itu akan menigkatkan pengetahuannya, kemampuannya, akhlaknya, bahkan seluruh pribadinya.
Pendidikan itu bukan perbuatan yang mudah dan karena itu harus dilaksanakan dengan penuh kesungguhan, didasari landasan yang kuat diarahkan kepada sasaran yang tepat, dilaksanakan dengan memperhitungkan situasi dan kondisi yang kongkrit serta direncanakan melalui pemikiran yang mantap.
Bagi manusia, pendidikan bukan sekedar kemungkinan melainkan merupakan suatu keharusan untuk dapat hidup, lebih tepat lagi untuk dapat hidup sebagai manusia. Apabila manusia yang baru lahir itu tidak mendapatkan bantuan berupa pendidikan, sulit dibayangkan ia dapat terus hidup, apa lagi hidup sebagai manusia yang harus mampu melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab dalam dunia yang serba kompleks penuh tantangan. Itu sebabnya, kita sebagai manusia sangat penting untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan, sebagai sarana dalam belajar menghadapi kehidupan.

Klik Dibawah Ini Untuk Menambah Wawasan Anda
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!
Share this article :

إرسال تعليق

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ilmu ngawor tepak - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger