FASHION SHOW DALAM PANDANGAN ISLAM

الأحد، 3 مارس 20130 komentar



FASHION SHOW DALAM PANDANGAN ISLAM

Islam menetapkan criteria khusus buat kaum wanita dengan busana muslim atau jilbab tertentu yang membedakan dari pakaian laki-laki . aurat laki-laki adalah bagian tubuh antara pusar sampai lutut, sedangkan wanita yaitu seluruh tubuh selain muka dan telapak tangan.
  

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لأزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا (٥٩)



59. Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya[1232] ke seluruh tubuh mereka". yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
            Busana muslim atau lebih khususnya lagi jilbab pakaian yang di pakai untuk seluruh badan yang meliputi kepala, leher dan dada. Seperti yang dikatakan al jauari dalam ash shihah bahwa jilbab itu “malhafah” (kain penutup dari atas sampai kebawah). Dan model ini disesuaikan dengan aturan kehidupan penganut agama islam.
Dalam model berpakaian orang islam yaitu mereka memakai model baju yang serba panjang dan dapat menutupi aurat  atau bagian tubuh. Pada masa pemerintahan orde baru mereka selalu mendorong partisipasi organisasi islam dalam masalah social, terutama pada penggunaan jilbab menjada popular pada tahun 1980-an.
busana perkembangan fashion didunia, saat ini busana muslimah yang ada disekitar kita muslimah memiliki ketentuan syari’at yang mengatur layak dipakai. Seiring dengan tersaji dalam berbagai macam gaya atau mode. Mulai dari busana yang berbahan katun hingga berbahan sutera. Perkembangan fashion ini oleh dunia barat merupakan hasil karya manusia yang menggunakan haknya untuk ber-ekspresi, sehingga tak ayal jika fashion show didunia barat mendapat apresiasi yang luar biasa. Disisi lain, perkembangan fashion ini merambah di Indonesia dan mempengaruhi gaya hidup sebagian masyarakat Indonesia.
Warga Indonesia yang sebagian besar adalah muslim tidak ingin ketinggalan akan datangnya arus fashion mode on ini. Sehingga bermunculanlah ide atau karya para designer untuk merancang atau membuat busana muslimah yang sesuai perkembangan zaman. Dari sini begitu banyak ditemui agenda kontes muslimah yang menampilkan sosok perempuan modis dengan keindahan busana muslimah modern, dilengkapi dengan kecantikan wajah tentunya.

Sesuai dengan kewajiban orang muslimah yang mengharuskan mereka menutup aurat. Pemakaian jilbab banyak digunakan dikalangan umat islam supaya memperlihatkan dirinya dipandang indah,bagus dan anggun, serta berwibawa. Dan dalam ajaran agama islam juga memberikan jaminan kepada pemeluknya atau yang memakai mendapat pahala dari allah. Semuanya itu kembali pada niat kita masing-masing.  
26. Hai anak Adam, Sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. dan pakaian takwa  Itulah yang paling baik. yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat.
perdagangan busana muslim di Eropa mencapai 1,5 miliar dolar AS per tahun. Hal ini terbukti bahwa usulan tersebut tidak lain ditujukan untuk meraih keuntungan dan materi semata bukan untuk mempermudah akses bagi perempuan untuk mengenakan busana muslimah. Hal ini dapat memicu masuknya investor-investor asing (pemilik modal) yang pada akhirnya mengatur model busana muslimah. Selain itu, dibalik adanya kontes busana muslimah yang ditujukan untuk memamerkan berbagai macam model atau gaya busana, tidak terlepas dari kegiatan meng-eksploitasi perempuan muslim. Dalam hal ini, perempuan dijadikan sebagai komoditas perdagangan yang menjadi salah satu sumber daya tarik keindahan.
 Sehingga pada akhirnya, perempuan dituntut untuk menjadi manusia yang menarik dengan mengonsumsi berbagai macam keindahan. Perempuan juga nantinya dituntut untuk selalu tampil cantik dan berpenampilan menarik. Dengan kata lain, Indonesia nantinya akan dijadikan sebagai pasar tempat penjualan barang-barang kosmetik dan pakaian dari perusahaan asing. Pengaburan syari’at islam Busana muslimah bagi perempuan muslim sudah diatur secara jelas dalam islam. Hal ini seperti yang termaktub dalam QS. Al-ahzab ayat 59 seperti yang sudah di jelaskan ayat di atas yang menerangkan tentang model jilbab dan kerudung yang wajib atau layak dipakai.
 Mengenai kecantikan, Islam tidak melarang bagi muslimah untuk tampil cantik. Namun tidak untuk di umbar didepan umum apalagi menjadi alat dagang. Islam sangat menjaga muslimah, membolehkan muslimah bersolek hanya didepan suami atau muhrimnya saja agar dapat menjaga iman dan kehormatan seorang wanita. Islam juga telah melarang wanita melakukan tabaruj (menampakkan perhiasannya). Dengan kata lain, tabaruj adalah hukum lain yang berbeda dengan hukum menutup aurat dan hukum wanita mengenakan kerudung.
Melihat fakta diatas, tidak terlepas dari rencana penguasa negara imperialis yang berupaya untuk menumpulkan pemikiran kaum muslimin di Indonesia dengan adanya perkembangan fashion. Rencana ini juga ditujukan untuk melemahkan dan merusak kaum muslimin terutama kaum perempuan untuk tidak peduli dengan tuntutan syari’at melainkan tuntutan mode. Sehingga wajiblah para perempuan mengetahui bahwa dalam islam kecantikan perempuan bukan karena modisnya dalam berbusana atau kecantikannya, melainkan dari ketakwaannya terhadap perintah dan larangan Allah. Islam mengatur perempuan karena untuk menjaga kehormatannya bahkan islam sangat menjamin hak-hak perempuan untuk mendapatkan rasa aman, lebih dihargai, dan menjamin terpenuhinya pendidikan dan kesehatan.
Sebenarnya bagaimanapun model tersebut tergantung pada diri sendiri untuk menyikapi yang ada karna kita tidak mungkin menghentikan atau menghalangi kekreatifan seseorang. Yang terpenting dalam islam bukan hanya sekedar model tetapi harus didampingi dengan niat untuk menjalankan perintah allah bagi kaum muslim dengan menutup aurat. Semoga apa yang kita pakai atau busana yang kita kenakan khususnya pada kerudung atau jilbab tidak membuat kita lupa dengan tujuan utama kita untuk menjalankan syari’at islam, dan kita dapat menerima perkembangan modern ini dengan baik, karna bagaimanapun juga wanita itu adalah sebaik-baiknya perhiasan didunia.

Klik Dibawah Ini Untuk Menambah Wawasan Anda
Baca Juga Yang Ini, Seru Loo!!
Share this article :

إرسال تعليق

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ilmu ngawor tepak - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger